Minggu, 29 April 2012

Komputer Grafis



Komputer Grafis/Grafika komputer, salah satu cabang disiplin ilmu informatika yang mempelajari pembuatan gambar dengan menggunakan komputer. Perbedaan antara grafik komputer dengan pengolahan citra adalah dalam pengolahan citra, gambar input kedalam proses pengolahan citra sudah tersedia, sedangkan pada grafik komputer dilakukan proses untuk menciptakan gambar dari awal. Berikut adalah ruang lingkup grafika computer :
Ø  Realism pada computer grafik
Ø  Pencahayaan
Ø  Teori warna
Ø  Ray tracing
Ø  Radiosity
Ø  Spline
Ø  Patch spline dan rendering
Ø  Penentuan permukaan tampak
Ø  Geometri padat konstruktif
Ø  Animasi
Ø  Virtual reality

                  Beberapa Istilah dalam Grafika Komputer :
a.      Trade off
Trade off adalah sebuah situasi yang melibatkan kehilangan kualitas atau aspek dari sesuatu sebagai imbalan untuk memperoleh kualitas atau aspek lain. Ini menyiratkan keputusan yang harus dibuat dengan pemahaman penuh terbalik baik dan buruk dari pilihan tertentu.
b.      Flat shading
Metode yang mudah dan cepat untuk membuat bayangan dengan permukaan poligon. Pada metode ini sebuah intensitas tunggal dihitung untuk masing-masing poligon, semua titik pada permukaan polygon dipaparkan dengan nilai intensitas yang sama.
Karakteristik flat shading diantaranya

1. Pemberian tone yang sama untuk setiap poligon
2. Penghitungan jumlah cahaya mulai dari titik tunggal pada permukaan.
3. Penggunaan satu normal untuk seluruhnya.

Secara umum flat shading dapat menghasilkan bayangan yang akurat dengan ketentuan sebagi berikut :

1. Objek berbentuk polihendra, yaitu jaring yang mempunyai ruang terhingga dan tertutup.
2. Semua sumber cahaya jauh dari permukaan objek.
3. Posisi penglihatan yang cukup jauh dari permukaan.

c.       Directional light
Dirctional Light atau pencahayaan langsung, Pada sistem ini 90-100% cahaya diarahkan secara langsung ke benda yang perlu diterangi. Sistm ini dinilai paling efektif dalam mengatur pencahayaan, tetapi ada kelemahannya karena dapat menimbulkan bahaya serta kesilauan yang mengganggu, baik karena penyinaran langsung maupun karena pantulan cahaya. Untuk efek yang optimal, disarankan langi-langit, dinding serta benda yang ada didalam ruangan perlu diberi warna cerah agar tampak menyegarkan

d.      Ray tracing
Ray Tracing adalah metode untuk menghitung jalan gelombang atau partikel melalui suatu sistem. Ray Tracing atau yang dikenal dengan Ray Casting, menjelaskan hal yang terlihat dari permukaan dengan mengikuti gambaran cahaya dari sinar yang berasal dari penglihatan mata kita terhadap objek di layar. Ray Tracing adalah teknik rendering grafik tiga dimensi dengan interaksi sinar yang kompleks. Ray tracing dilakukan dalam dua bentuk yang berbeda :

1. Ray Tracing (physics), yang digunakan untuk menganalisis sistem optik. Metode untuk menghitung jalan gelombang atau partikel melalui suatu sistem dengan berbagai propagasi daerah kecepatan, penyerapan karakteristik, dan mencerminkan permukaan. Contoh kegunaan Ray Tracing (physics) ada pada sinyal radio, samudra akustik, dan desain optis.

2. Ray Tracing (graphics), yang digunakan untuk generasi gambar 3D. Dalam grafik komputer, ray tracing adalah teknik untuk menghasilkan sebuah gambar dengan menelusuri jalan cahaya melalui pixel dalam gambar pesawat. Teknik ini mampu menghasilkan tingkat ketajaman gambar yang sangat tinggi – biasanya lebih tinggi dari pada metode tipe scanline rendering, tetapi pada biaya komputasi yang lebih besar. Hal ini membuat ray tracing paling cocok untuk aplikasi di mana gambar dapat di-render perlahan terlebih dahulu, seperti pada gambar diam dan film dan special effects televisi, dan kurang lebih cocok untuk real-time aplikasi seperti game komputer, di mana kecepatan sangat penting. Terdapat 2 metode pada Ray Tracing yaitu:
1. Forward Ray Tracing
2. Backward Ray Tracing

Dalam dunia grafika kompuetr juga dikenal istilah grafik vektor dan grafik bitmap, ada beberapa perbedaan antara kedua grafik tersebut.Grafis bitmap dibentuk dengan raster/pixel/dot/titik/point koordinat. Semakin banyak jumlah titik yang membentuk suatu grafis bitmap berarti semakin tinggi tingkat kerapatannya. Hal ini menyebabkan semakin halus citra grafis, tetapi kapasitas filenya semakin besar.
Ketajaman warna dan detail gambar pada tampilan bitmap bergantung pada banyaknya pixel warna atau resolusi yang membentuk gambar tersebut. Hal ini berkaitan erat dengan kemampuan monitor dan VGA ( Video Graphic Adapter ) yang digunakan. Jika gambar tampilan bitmap berresolusi tinggi di tampilkan pada monitor yang berresolusi rendah akan mengakibatkan gambar terlihat kasar , bahkan terlihat kabur berbentuk kotak-kotak ( juggy ) jika dilakukan pembesaran gambar. Satuan untuk ukuran grafis jenis bitmap ini adalah dpi ( dot per inch ) yang berarti banyaknya titik dalam satu inci. Untuk lebih memahami grafis jenis bitmap .
Beberapa grafis bitmap dapat Anda temui di file komputer, yakni file komputer yang berekstensi : .bmp, .jpg, .tif, .gif, dan .pcx. Grafis ini biasa digunakan untuk kepentingan foto-foto digital.
Vektor yang merupakan perkembangan dari sistem grafis bitmap (digital). Grafis ini tidak tergantung pada banyaknya pixel penyusunnya dan kondisi monitor karena tampilan vektor tersusun atas garis-garis. Tampilan akan terlihat jelas meskipun dilakukan pembesaran (zooming). Penggunaan titik-titik koordinat dan rumus-rumus tertentu dapat menciptakan bermacam-macam bentuk grafis, seperti lingkaran, segitiga, bujur sangkar dan poligon. Dengan demikian , pemakaian grafis vektor akan lebih irit dari segi volume file, tetapi dari segi pemakaian prosessor akan memakan banyak memori. Program aplikasi grafis yang berbasis vektor antara lain : CorelDraw , Macromedia Free hand, Adobe Illustrator dan Micrografx Designer.

Koordinat system
a.       Koordinat Nyata (World Coordinate)
Koordinat yang pada saat itu objek yang bersangkutan berada.
-  Koordinat sebuah kursi
      Tergantung dari letak kursi itu ada di manA & bagaimana letaknya?
-  Dinyatakan juga sebagai koordinat 3D


b.      Koordinat Sistem
            Digunakan di bidang geometri
-  Sesuatu yang abstrak dan biasanya digunakan untuk perhitungan data yang hasilnya perlu ditampilkan kembali pada layar atau di atas kertas
Dikaitkan dengan dimensi, di mana:
-                0D, dimensi ke 0 => titik
-                1D, dimensi ke 1 => garis
-                2D, dimensi ke 2 => bidang
-                3D, dimensi ke 3 => ruang


c.       Koordinat Layar (Screen Coordinate)
      Koordinat yang digunakan untuk mengatur penampilan suatu objek pada layar
-          Umumnya layar 2D
-          Layar 3D dalam pengembangan =>  Hologram
-          Penempatan sumbu (0,0) => kiri atas/kiri bawah

       
                 OpenGL dan DirectX

OpenGL adalah suatu graphic library yang sebagian bersifat open source, dipakai pada banyak platform (windows, linux) dan dapat digunakan pada berbagai jenis compiler seperti C++ atau Delphi.
DirectX adalah API yang dibuat oleh perusahaan Microsoft, API ini dikhususkan untuk pengembangan game. Tujuan dengan dibuatnya DirectX memberikan akses pada developer untuk berkomunikasi langsung dengan hardware, dimana tanpa DirectX API, developer (programmer) harus menggunakan API dari operating system (Windows) untuk berkomunikasi dengan hardware dan cara ini sangat lambat karena API pada operating system dibuat untuk tujuan umum (bukan hanya game saja) sehingga tidak teroptimisasi. Dengan adanya DirectX maka developer dapat langsung berkomunikasi dengan hardware tanpa harus melewati operating system.


*Diambil dari berbagai sumber.  





Tidak ada komentar:

Posting Komentar